Oleh : Kanaidi, SE., M.Si & Suparno Saputra, SE., MM
(Penelitian Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS 2011)
Abstrak
Penelitian ini
berkaitan dengan peran Internal marketing
dalam menciptakan kesiapan karyawan menghadapi perubahan dan dukungan penerapan
Good Corporate Governance. Kajian tema ini sejalan dengan perkembangan ilmu marketing
yang cukup pesat, dimana pada saat ini semakin banyak organisasi atau perusahaan yang memanfaatkannya
untuk kemajuan organisasi. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah dalam hal komunikasi dan
penyampaian informasi kepada konsumen eksternal dan konsumen internal
(karyawan) atas keberadaan suatu produk yang dihasilkan maupun perkembangan
perusahaan (Marketing Communication).
Komunikasi dan penyampaian informasi di dalam organisasi atau perusahaan
dipandang memegang peranan yang penting mengingat “happy customer depend on happy employee”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explorative yang mencakup deskriptive analysis dan pengujian
pengaruh independent variable
terhadap dependent variable. Hasil
penelitian, membuktikan; Pertama secara keseluruhan para karyawan menilai bahwa kegiatan
internal marketing diperlukan sebagai media untuk menyamakan persepsi mengenai
berbagai kebijakan yang menyangkut perubahan yang terjadi di perusahaan Kedua
dari hasil analisis berkaitan dengan kesiapan para karyawan dalam mengikuti
perubahan diketahui bahwa mayoritas karyawan merasa siap menghadapi perubahan
yang terjadi di perusahaan. Ketiga, dilihat dari pengujian
pengaruh, terbukti internal marketing
berperan dalam menciptakan kesiapan karyawan untuk mengikuti perubahan di PT
Pos Indonesia (Persero). Keempat, dilihat dari aspek peran internal marketing dalam mendukung
perubahan di PT Pos Indonesia (Persero) diketahui berperan signifikan. Kelima, dilihat dari peran internal marketing dalam mendukung
penerapan good corporate governance (GCG) di PT Pos
Indonesia (Persero) diketahui berperan signifikan.
Keenam,
dilihat dari pengaruh kesiapan karyawan terhadap dukungan perubahan di PT Pos
Indonesia (Persero) diketahui berpengaruh signifikan. Ketujuh, dilihat dari pengaruh
kesiapan karyawan terhadap dukungan implementasi good corporate governance (GCG) diketahui berpengaruh signifikan.
Kata kunci: Internal marketing, kesiapan karyawan, dukungan perubahan organisasi, dukungan penerapan Good Corporate Governance
(GCG), PT
Pos Indonesia (Persero)
1.2. Identifikasi masalah
Berdasarkan survei awal diketahui beberapa perubahan yang dilakukan perusahaan belum terimplementasi dengan baik, terutama dikaitkan dengan implementasi Good Corporate Governance
(GCG). Fenomena tersebut kemungkinan disebabkan
oleh belum diketahui secara jelas oleh para karyawan tentang informasi
perubahan tersebut atau pun belum siapnya para karyawan, baik di tingkat Pusat, Devisi
Regional maupun di tingkat Unit Pelaksana Teknis di
lapangan untuk mengikuti atau melaksanakan perubahan dan dukungan terhadap penerapan Good Corporate Governance
(GCG).
Berdasarkan
latar belakang dan uraian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:
1)
Penilaian mengenai kegiatan Internal Marketing di PT Pos
Indonesia
2)
Kesiapan
para karyawan dalam mengikuti perubahan di PT Pos Indonesia (Persero).
3)
Kesiapan
para karyawan dalam mendukung penerapan good corporate governance di PT
Pos Indonesia (Persero).
4)
Peran
internal marketing dalam menciptakan
kesiapan karyawan untuk mengikuti perubahan di PT Pos Indonesia (Persero).
5)
Peran
internal marketing dalam mendukung
perubahan di PT Pos
Indonesia (Persero).
6)
Peran
internal marketing dalam mendukung
penerapan good corporate governance (GCG) di PT Pos Indonesia
(Persero). . . . . .. . . (baca_selengkapnya )
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Related Post :
internal marketing . . . . . . peran internal marketing . . . peranan internal marketing . . . GCG. . . Kesiapan Karyawan .... Perubahan Organisasi ..... Dukungan Penerapan gcg . . . perubahan . . .
Jurnal “BALANCED
SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click
di http://www.ken-trust.blogspot.com/
Jurnal “Good Corporate
Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
Jurnal “Corporate Image”
… click di http://ken-image1.blogspot.com/
Jurnal “Customer Value”
… click di http://www.ken-value.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
Jurnal “Brand &
Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “Service Quality”
… click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
Jurnal “MARKETING &
BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
Jurnal “Personal
Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
Jurnal “Corporate
Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
Jurnal “DELPHI METHOD” …
click di http://ken-delphi.blogspot.com/
Jurnal “Kewirausahaan
(Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
Business Plan dan
Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
Artikel “Competitive
Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
Jurnal “LKMS (Lembaga
Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
Artikel “Dunia
PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
Artikel “QFD (Quality
Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
Artikel “STP (Segmenting,
Targeting, & Positioning)” … click
di http://ken-stp.blogspot.com/
Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING” … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
Jurnal “CSR” … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
Jurnal “MEREK (Brand)” … click di
http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)”
… click di http://ken-iklan.blogspot.com atau
di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau
di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau
di http://ken-iklani.blogspot.com/
Jurnal “Manajemen Retail” … click
di http://ken-retail.blogspot.com/
Jurnal “Bisnis Internasional & e-Commerce” … click di http://ken-international.blogspot.com/
Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)” … click di http://ken-imc.blogspot.com/
“Peluang
BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
internal marketing . . . . . . peran internal marketing . . . peranan internal marketing . . . GCG. . . Kesiapan Karyawan .... Perubahan Organisasi ..... Dukungan Penerapan gcg . . . perubahan . . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar