Total Pengunjung Jurnal ini

Jumat, 02 November 2012

PERANAN INTERNAL MARKETING DALAM MENCIPTAKAN KESIAPAN KARYAWAN MENGHADAPI PERUBAHAN ORGANISASI DAN DUKUNGAN PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DI PT POS INDONESIA (PERSERO)

Oleh : Kanaidi, SE., M.Si & Suparno Saputra, SE., MM
(Penelitian Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS 2011) 


Abstrak

Penelitian ini berkaitan dengan peran Internal marketing dalam menciptakan kesiapan karyawan menghadapi perubahan dan dukungan penerapan Good Corporate Governance. Kajian tema ini sejalan dengan perkembangan ilmu marketing yang cukup pesat, dimana pada saat ini semakin banyak  organisasi atau perusahaan yang memanfaatkannya untuk kemajuan organisasi. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah dalam hal komunikasi dan penyampaian informasi kepada konsumen eksternal dan konsumen internal (karyawan) atas keberadaan suatu produk yang dihasilkan maupun perkembangan perusahaan (Marketing Communication). Komunikasi dan penyampaian informasi di dalam organisasi atau perusahaan dipandang memegang peranan yang penting mengingat “happy customer depend on happy employee”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explorative yang mencakup deskriptive analysis dan pengujian pengaruh independent variable terhadap dependent variable. Hasil penelitian, membuktikan; Pertama secara keseluruhan para karyawan menilai bahwa kegiatan internal marketing diperlukan sebagai media untuk menyamakan persepsi mengenai berbagai kebijakan yang menyangkut perubahan yang terjadi di perusahaan Kedua dari hasil analisis berkaitan dengan kesiapan para karyawan dalam mengikuti perubahan diketahui bahwa mayoritas karyawan merasa siap menghadapi perubahan yang terjadi di perusahaan. Ketiga, dilihat dari pengujian pengaruh, terbukti internal marketing berperan dalam menciptakan kesiapan karyawan untuk mengikuti perubahan di PT Pos Indonesia (Persero). Keempat, dilihat dari aspek peran internal marketing dalam mendukung perubahan di PT Pos Indonesia (Persero) diketahui berperan signifikan. Kelima, dilihat dari peran internal marketing dalam mendukung penerapan good corporate governance (GCG)  di PT Pos Indonesia (Persero) diketahui berperan signifikan. Keenam, dilihat dari pengaruh kesiapan karyawan terhadap dukungan perubahan di PT Pos Indonesia (Persero) diketahui berpengaruh signifikan. Ketujuh, dilihat dari pengaruh kesiapan karyawan terhadap dukungan implementasi good corporate governance (GCG) diketahui  berpengaruh signifikan.

Kata kunci: Internal marketing, kesiapan karyawan, dukungan perubahan organisasi, dukungan penerapan Good Corporate Governance (GCG), PT Pos Indonesia (Persero)
 1.2.    Identifikasi masalah
Berdasarkan survei awal diketahui beberapa perubahan yang dilakukan perusahaan belum terimplementasi dengan baik, terutama dikaitkan dengan implementasi Good Corporate Governance (GCG). Fenomena tersebut kemungkinan disebabkan oleh belum diketahui secara jelas oleh para karyawan tentang informasi perubahan tersebut atau pun belum siapnya para karyawan, baik di tingkat Pusat, Devisi Regional maupun di tingkat Unit Pelaksana Teknis di lapangan untuk mengikuti atau melaksanakan perubahan dan dukungan terhadap penerapan Good Corporate Governance (GCG).
Berdasarkan latar belakang dan  uraian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:
1)        Penilaian mengenai kegiatan Internal Marketing di PT Pos Indonesia
2)        Kesiapan para karyawan dalam mengikuti perubahan di PT Pos Indonesia (Persero).
3)        Kesiapan para karyawan dalam mendukung penerapan good corporate governance di PT Pos Indonesia (Persero).
4)        Peran internal marketing dalam menciptakan kesiapan karyawan untuk mengikuti perubahan di PT Pos Indonesia (Persero).
5)        Peran internal marketing dalam mendukung perubahan di PT Pos Indonesia (Persero).
6)        Peran internal marketing dalam mendukung penerapan good corporate governance (GCG)  di PT Pos Indonesia (Persero). . . . . .. . (baca_selengkapnya )

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). 
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Related Post :


Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di  http://www.ken-trust.blogspot.com/
Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)”  … click di http://ken-stp.blogspot.com/

Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING”  … click di http://ken-experiental.blogspot.com/

Jurnal “CSR”  … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
Jurnal “MEREK (Brand)”  … click di http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “Manajemen Retail”  … click di http://ken-retail.blogspot.com/
Jurnal “Bisnis Internasional & e-Commerce”  … click di http://ken-international.blogspot.com/
Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)”  … click di http://ken-imc.blogspot.com/

“Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
 

internal marketing . . . . . . peran internal marketing . . . peranan internal marketing . . . GCG. . . Kesiapan Karyawan .... Perubahan Organisasi ..... Dukungan Penerapan gcg . . . perubahan . . .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar