Total Pengunjung Jurnal ini

Kamis, 29 Maret 2012

PERANAN INTERNAL MARKETING DALAM MENCIPTAKAN KESIAPAN KARYAWAN MENGHADAPI PERUBAHAN ORGANISASI DAN DUKUNGAN PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DI PT POS INDONESIA (PERSERO)

Oleh : Kanaidi, SE., M.Si & Suparno Saputra, SE., MM

(Penelitian Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS 2011) 

Abstrak
 Penelitian ini berkaitan dengan peran Internal marketing dalam menciptakan kesiapan karyawan menghadapi perubahan dan dukungan penerapan Good Corporate Governance. Kajian tema ini sejalan dengan perkembangan ilmu marketing yang cukup pesat, dimana pada saat ini semakin banyak  organisasi atau perusahaan yang memanfaatkannya untuk kemajuan organisasi. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah dalam hal komunikasi dan penyampaian informasi kepada konsumen eksternal dan konsumen internal (karyawan) atas keberadaan suatu produk yang dihasilkan maupun perkembangan perusahaan (Marketing Communication). Komunikasi dan penyampaian informasi di dalam organisasi atau perusahaan dipandang memegang peranan yang penting mengingat “happy customer depend on happy employee”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explorative yang mencakup deskriptive analysis dan pengujian pengaruh independent variable terhadap dependent variable. Hasil penelitian, membuktikan; Pertama secara keseluruhan para karyawan menilai bahwa kegiatan internal marketing diperlukan sebagai media untuk menyamakan persepsi mengenai berbagai kebijakan yang menyangkut perubahan yang terjadi di perusahaan Kedua dari hasil analisis berkaitan dengan kesiapan para karyawan dalam mengikuti perubahan diketahui bahwa mayoritas karyawan merasa siap menghadapi perubahan yang terjadi di perusahaan. Ketiga, dilihat dari pengujian pengaruh, terbukti internal marketing berperan dalam menciptakan kesiapan karyawan untuk mengikuti perubahan di PT Pos Indonesia (Persero). Keempat, dilihat dari aspek peran internal marketing dalam mendukung perubahan di PT Pos Indonesia (Persero) diketahui berperan signifikan. Kelima, dilihat dari peran internal marketing dalam mendukung penerapan good corporate governance (GCG)  di PT Pos Indonesia (Persero) diketahui berperan signifikan. Keenam, dilihat dari pengaruh kesiapan karyawan terhadap dukungan perubahan di PT Pos Indonesia (Persero) diketahui berpengaruh signifikan. Ketujuh, dilihat dari pengaruh kesiapan karyawan terhadap dukungan implementasi good corporate governance (GCG) diketahui  berpengaruh signifikan.

Kata kunci: Internal marketing, kesiapan karyawan, dukungan perubahan organisasi, dukungan penerapan Good Corporate Governance (GCG), PT Pos Indonesia (Persero)

Keywords : Internal marketing, kesiapan karyawan, perubahan, good corporate governance

PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Marketing pada saat ini sangat berkembang dan semakin banyak  organisasi atau perusahaan yang memanfaatkan perkembangan marketing untuk memajukan organisasi. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah dalam hal komunikasi dan penyampaian informasi kepada konsumen dan karyawan atas keberadaan suatu produk yang dihasilkan. Komunikasi dan penyampaian informasi dalam organisasi atau perusahaan saat ini dipandang memegang peranan yang penting  yang biasanya diserahkan pada fungsi marketing, yang mengemban tugas melakukan komunikasi ke dalam dan ke luar perusahaan. Peran ini mengandung arti bukan hanya sekedar menjalin hubungan yang harmonis dengan konsumen eksternal, namun . . . . .. . (baca_selengkapnya )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar