Oleh : Kanaidi, SE., M.Si & Suparno Saputra, SE., MM
(Penelitian Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS 2011)
Abstrak
Penelitian ini
berkaitan dengan peran Internal marketing
dalam menciptakan kesiapan karyawan menghadapi perubahan dan dukungan penerapan
Good Corporate Governance. Kajian tema ini sejalan dengan perkembangan ilmu marketing
yang cukup pesat, dimana pada saat ini semakin banyak organisasi atau perusahaan yang memanfaatkannya
untuk kemajuan organisasi. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah dalam hal komunikasi dan
penyampaian informasi kepada konsumen eksternal dan konsumen internal
(karyawan) atas keberadaan suatu produk yang dihasilkan maupun perkembangan
perusahaan (Marketing Communication).
Komunikasi dan penyampaian informasi di dalam organisasi atau perusahaan
dipandang memegang peranan yang penting mengingat “happy customer depend on happy employee”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explorative yang mencakup deskriptive analysis dan pengujian
pengaruh independent variable
terhadap dependent variable. Hasil
penelitian, membuktikan; Pertama secara keseluruhan para karyawan menilai bahwa kegiatan
internal marketing diperlukan sebagai media untuk menyamakan persepsi mengenai
berbagai kebijakan yang menyangkut perubahan yang terjadi di perusahaan Kedua
dari hasil analisis berkaitan dengan kesiapan para karyawan dalam mengikuti
perubahan diketahui bahwa mayoritas karyawan merasa siap menghadapi perubahan
yang terjadi di perusahaan. Ketiga, dilihat dari pengujian
pengaruh, terbukti internal marketing
berperan dalam menciptakan kesiapan karyawan untuk mengikuti perubahan di PT
Pos Indonesia (Persero). Keempat, dilihat dari aspek peran internal marketing dalam mendukung
perubahan di PT Pos Indonesia (Persero) diketahui berperan signifikan. Kelima, dilihat dari peran internal marketing dalam mendukung
penerapan good corporate governance (GCG) di PT Pos
Indonesia (Persero) diketahui berperan signifikan.
Keenam,
dilihat dari pengaruh kesiapan karyawan terhadap dukungan perubahan di PT Pos
Indonesia (Persero) diketahui berpengaruh signifikan. Ketujuh, dilihat dari pengaruh
kesiapan karyawan terhadap dukungan implementasi good corporate governance (GCG) diketahui berpengaruh signifikan.
Kata kunci: Internal marketing, kesiapan karyawan, dukungan perubahan organisasi, dukungan penerapan Good Corporate Governance
(GCG), PT
Pos Indonesia (Persero)
Keywords : Internal marketing, kesiapan karyawan, perubahan, good corporate governance
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Marketing pada saat ini sangat berkembang dan semakin banyak organisasi atau perusahaan yang memanfaatkan perkembangan marketing untuk memajukan organisasi. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah dalam hal komunikasi dan penyampaian informasi kepada konsumen dan karyawan atas keberadaan suatu produk yang dihasilkan. Komunikasi dan penyampaian informasi dalam organisasi atau perusahaan saat ini dipandang memegang peranan yang penting yang biasanya diserahkan pada fungsi marketing, yang mengemban tugas melakukan komunikasi ke dalam dan ke luar perusahaan. Peran ini mengandung arti bukan hanya sekedar menjalin hubungan yang harmonis dengan konsumen eksternal, namun . . . . .. . . (baca_selengkapnya )
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar